HPK taruh disini
GridOto.com - Honda CBR250RR menjadi sport 250 cc terbaik menurut GridOto Award 2018, yang diselenggarakan 10 Oktober 2018.
Penilaian ini berdasarkan periode selama setahun, dari Oktober 2017 sampai Oktober 2018.
Parameter pengetesan tim GridOto, ada di sisi desain, fitur dan teknologi, handling dan riding position, performa, konsumsi bensin dan value for money.
Dengan kompetitor Kawasaki All New Ninja 250, apa yang menjadikan CBR250RR jadi sport 250 cc terbaik tahun 2018?
Secara desain, CBR250RR dan Ninja 250 punya keunggulan masing-masing, dengan konsep yang berbeda.
Ninja 250 lebih ke arah sport touring, sedangkan CBR250RR mengandalkan garis desain sporty yang tajam.
Keunggulan CBR250RR, ada di fitur dan teknologi, semisal suspensi depan upside-down ala motor besar.
Ditambah pelek dan lengan ayun aluminium yang kekar, secara handling CBR250RR lebih mumpuni untuk diajak bermanuver.
Tenaga mesin Parallel Twin Cylinder 249,7 cc-nya juga besar, mencapai 52,7 dk/7.500 rpm, dengan torsi 55,64 Nm/5.500 rpm.
Selain itu, fitur mesin DOHC 8-klep ini juga mutakhir, misalnya memakai Throttle-By-Wire (TBW) System, sehingga kontrol gasnya menggunakan sensor.
Karena sudah TBW, CBR250RR punya 3 riding mode, yaitu Comfort, Sport & Sport+, yang setiap mode punya perbedaan kurva tenaganya.
Secara riding position dan konsumsi BBM, memang CBR250RR tidak senyaman dan irit seperti All New Ninja 250.
Namun dengan harga mulai dari 59,9 juta Rupiah, OTR Jakarta, CBR250RR unggul di sisi value for money.
Karena itulah, Honda CBR250RR menjadi sport 250 cc terbaik, menurut GridOto Award 2018!
Data Spesifikasi Honda CBR250RR 2018
Dimensi
P x L x T : 2.060 x 724 x 1.098 mm
Wheelbase : 1.389 mm
Ground Clearance : 145 mm
Tinggi jok : 790 mm
Bobot kering : 165 kg (STD), 168 kg (ABS)
Kapasitas tangki BBM : 14,5 liter
Mesin
Tipe mesin: 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder PGM-FI
Pendinginan : Liquid Cooled With Auto Electric Fan
Sistem katup : DOHC 8 katup
Kapasitas : 249.7 cc
Throttle System : Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor
Bore x Stroke : 62.0 x 41.4 mm
Valve In Diameter : 24.5 mm
Valve x Diameter : 21 mm
Throttle Body Size : 32 mm
Rasio kompresi : 11.5 : 1
Tenaga maksimal : 52,7 dk/7.500 rpm
Torsi maksimal : 55,64 Nm/5.500 rpm
Transmission : Manual 6 Speed
Clutch System : Multiplate Wet Clutch with Coil Spring
Gear Shift Pattern : 1-N-2-3-4-5-6
Sistem starter : Electric
Lubricant Type : Wet (Pressing and Spray)
Oil Capacity : 1.9 L (Exchange)
Ignition Type : Full Transisterized
Battery : MF 12V – 7Ah
Spark Plug Type : NGK SILMAR8C-9 (Iridium Spark Plug)
Rangka
Tipe sasis : Truss Frame
Rem depan : Hydraulic Disc, Dual Piston (STD Type & ABS Type)
Rem belakang : Hydraulic Disc, Single Piston (STD Type & ABS Type)
Suspensi depan : Showa upside-down
Suspensi belakang : Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
Ban depan: IRC RX-01F 110/70 – 17 54S (Tubeless)
Ban belakang: IRC RX-01R 140/70 – 17 66S (Tubeless)
Lampu utama : LED dengan DRL
Lampu rem : LED
Harga OTR Jakarta :
CBR250RR – STD Black Freedom : Rp. 59.900.000
CBR250RR – STD Bravery Mat Red : Rp. 64.725.000
CBR250RR – STD Mat Gunpowder Black Metallic : Rp. 64.725.000
CBR250RR – STD Honda Racing Red : Rp. 65.325.000
CBR250RR – ABS Mat Gunpowder Black Metallic : Rp. 70.725.000
CBR250RR – ABS Bravery Mat Red : Rp. 70.725.000
CBR250RR – ABS Honda Racing Red : Rp. 71.325.000
Sumber :